Mahasiswa Luar Negeri

Kuliah di luar negeri, merupakan beberapa impian orang. Banyak alasan yang mendasari orang untuk pergi ke luar negeri untuk melakukan study mereka. Beberapa diantaranya menganggap bahwa sekolah di luar negeri memiliki materi yang lebih berbobot dan juga kualitas yang lebih baik. Namun ada juga yang beranggapan kuliah di luar negeri memiliki milai tambah bagi perusahaan yang akan merekrutnya di masa yang akan datang.

Walaupun memang sekolah di luar negeri memberikan nilai plus, namun tidak semua universitas di luar negeri bagus. Tetapi banyak orang Indonesia yang menginginkan untuk kuliah dan sekolah di luar negeri. Namun tidak tahu menahu bagaimana cara kuliah di luar negeri. Oleh karena itu, disini saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai cara yang bisa ditempuh untuk kuliah di luar negeri.

Kunjungi Website Universitas

Cara yang paling mudah adalah mengunjungi website resmi dari universitas tersebut. Gunanya adalah untuk mengetahui daftar jurusan yang dimiliki universitas tersebut. Selain itu, dalam website tersebut biasanya berisi informasi mengenai beasiswa, tahun ajaran baru, dan berbagai informasi lainnya. Setelah anda menemukan jurusan yang cocok untuk anda, persiapkan hal yang selanjutnya.

Kuasai Bahasa Inggris

Tentu saja bahasa adalah menjadi hal yang krusial. Karena nantinya kita akan kuliah di negeri orang lain, sehingga kita harus menguasai bahasa asing. Mengenai hal itu, beberapa universitas mewajibkan kita untuk memiliki nilai TOEFL yang tinggi. Biasanya untuk S1, anda dibutuhkan nilai TOEFL minimal 6.0 dan juga S2 minimal 6.5 hingga 7.0.

Apply

Hal yang terakhir adalah anda mengajukan apply form ke universitas yang anda tuju. Isi form tersebut dan kumpulkan semua berkas yang dibutuhkan. Beberapa diantaranya mewajibkan ada biaya aplikasi untuk hal tersebut.

Pengumuman

Biasanya akan di informasikan setelah 2 minggu setelah apply tentang penerimaannya apakah anda diterima atau ditolak langsung dari universitas yang anda tuju. Jika anda diterima, anda bisa kuliah di luar negeri.

Persiapan Biaya

Jika anda diterima kuliah di luar negeri, tentunya anda harus memikirkan beberapa hal seperti biaya yang akan digunakan untuk membiayai kuliah disana. Ada beberapa jalan yang bisa dilalui. Beberapa diantarany adalah : beasiswa, kerja paruh waktu, tabungan, pinjaman, dll.

Pengurusan Paspor, VISA dan Ijin Tinggal

Dokumen ini adalah yang paling penting, anda harus mengurus di departemen keimigrasian dan kedutaan besar negara yang dituju untuk bisa sekolah diluar negeri, dan dokumen ini benar-benar harus dijaga jangan sampai hilang.

Dan pada posting berikutnya kami akan mengulas prosedur sekolah / kuliah diluar negeri, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR