Pertukaran Pelajar

Program pertukaran pelajar banyak dilakukan, juga untuk di Indonesia. Biasanya program-program tersebut di laksanakan dari Sekolah atau Universitas yang bertujuan untuk menjadikan sekolah atau Universitas tersebut menjadi berkelas Internasional. Selain itu dengan adanya program pertukaran ini juga diharapkan akan meningkatkan kualitas dari pelajar Indonesia, dan bisa disetarakan dengan pelajar di dunia.

Selain itu adapula Yayasan yang menyelenggarakan program pertukaran pelajar. Yayasan ini biasanya bergerak di bidang sosial ataupun budaya. Yayasan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yayasan yang hanya berfungsi sebagai fasilitator, ada pula yang memang bekerjasama pula dengan yayasan diluar negeri dan memang program kerjanya yaitu menyelenggarakan pertukaran pelajar. Karena bergerak di bidang sosial dan budaya. Biasanya dapat berupa penyelenggaraan forum-forum, Camp, konverensi, atau pertunjukan maupun saling belajar dan bertukar pengetahuan tentang budaya masing-masing negara.

Pemerintah juga menyelenggarakan program pertukaran pelajar. Dan pelajar yang terpilih ke luar negeri tersebut, bukan hanya akan bersekolah ataupun menghadiri program-program dalam rangkaian pertukaran pelajar tersebut, namun pelajar tersebut juga sekaligus menjadi duta dari Indonesia. Tak perlu khawatir dengan kemampuan anda, biasanya pelajar yang terpilih akan dikarantina terlebih dahulu misalnya sebulan, untuk mendapat tambahan pengetahuan maupun kemampuan. Antara lain bisa berupa , tari tradisional, lagu nasional, sejarah, tempat-tempat wisata,  pengetahuan ke-indonesia-an dan wawasan kebangsaan, adapula public speaking, dll. Sehingga diharapkan pelajar yang berangkat benar-benar mampu menjadi wakil yang bisa membanggakan Indonesia.

Artikel yang terkait dengan kuliah di luar negeri:

  1. Tips Kuliah di Luar Negeri | Belajar Study di Luar Negeri untuk Pemula
  2. University Abroad, Tips dan Cara Kuliah di Kampus atau Universitas Luar Negeri
  3. Tips Kuliah di Luar Negeri: Cara Kuliah di Luar Negeri Serta Prosedur dan Mekanismenya

Selain penyelenggara program pertukaran pelajar. Sebenarnya banyak pula programnya. Tidak melulu anda harus mampu dalam seni dan budaya. Program pertukaran pelajar beraneka ragam. Bisa dari leadership, dimana anda memiliki kemampuan atau prestasi dibidang tersebut maka dengan pertukaran tersebut anda bisa mengembangkannya. Dari kemampuan akan pengetahuan agama, agama disini bisa merupakan forum untuk berdiskusi saat pertukaran pelajar nantinya, anda bisa menyampaikan pengetahuan anda, biasanya program ini ditujukan untuk menjaga perdamaian dunia, karena tidak jarang muncul konflik hanya karena dipicu oleh kesalafahaman tentang pandangan terhadap agama lain. Dan masih banyak lainnya.

Nah, jadi anda bisa memilih penyelenggara maupun program sesuai dengan minat dan bakat anda.

3 KOMENTAR

  1. Program pertukaran pelajar untuk anak SMA sepertinya terbatas yah? Boleh minta informasi nya gak untuk program pertukaran pelajar buat anak sma ke amerika selain afs/yes/atau IYLP dan rotary?

    • aku sudah nemu program pertukaran pelajar namanya YFU, tapi yang jadi masalah program pertukaran pelajar itu harus bayar 125juta sebelum pemberangkatan dan harus di cicil cuma 1 bulan

TINGGALKAN KOMENTAR