Peringatan PHBI Sekolah

Karakterisitik kurikulum 2013 memang akan mengalami banyak sekali perubahan, baik itu mulai jenjang SD sampai dengan SMA, beberapa mata pelajaran akan dipangkas atau ditiadakan. Mulai tahun pelajaran ini (2013/2014), kurikulum 2013 SD/SMP/SMA/SMK mengalami perubahan-perubahan antara lain mengenai proses pembelajaran, jumlah mata pelajaran, dan jumlah jam pelajaran.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang baru yang terdapat pada kurikulum terbaru 2013 mendatang diantaranya sebagai berikut:

SD – MI (Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah)

  • Kurikulum 2013 berbasis pada sains.
  • Kurikulum 2013 untuk SD, bersifat tematik integratif.
  • Kompetensi yang ingin dicapai adalah kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.
  • Proses pembelajaran menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis tes dan portofolio saling melengkapi.
  • Mata pelajara (MAPEL) SD diantaranya:
    • Pendidikan Agama
    • PPKn
    • Bahasa Indonesia
    • Matematika
    • IPA
    • IPS
    • Seni Budaya dan Prakarya (Muatan Lokal; Mulok)
    • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Muatan Lokal;Mulok)
  • Alokasi waktu per jam pelajaran SD 35 menit
  • Banyak jam pelajaran per minggu Kelas I = 30 jam, kelas II= 32 jam, kelas III=34 jam, kelas IV, V,VI=36 jam

DOWNLOAD SILABUS KURIKULUM 2013 SD

SMP – MTs (Sekolah Menengah Pertama – Madrasah Tsanawiyah)

Mata pelajaran SMP MTs kurikulum 2013 sebagai berikut:

  • Mata Pelajaran:
    • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
    • PPKn
    • Bahasa Indonesia
    • Matematika
    • IPA
    • IPS
    • Bahasa Inggris
    • Seni Budaya (Muatan Lokal)
    • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Muatan Lokal)
    • Prakarya (Muatan Lokal)
  • Alokasi waktu per jam pelajaran SMP = 40 menit
  • Banyak jam pelajaran per minggu 38 jam

DOWNLOAD SILABUS KURUKULUM 2013 SMP

SMA – MA (Sekolah Menengah Atas – Madrasah Aliyah)

Mata pelajaran SMA – MA kurikulum 2013 sebagai berikut:

  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  • PPKn
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • Sejarah Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Seni Budaya (Muatan Lokal)
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Muatan Lokal)
  • Prakarya dan Kewirausahaan (Muatan Lokal)
  • Alokasi waktu per jam pelajaran SMA = 45 menit
  • Banyak jam pelajaran per minggu SMA = 39 jam

DOWNLOAD SILABUS KURIKULUM 2013 SMA

SEMOGA BERMANFAAT.

274 KOMENTAR

  1. krn saya guru PPKn,,saya setuju dg standar inti dan dasar buat mata pelajaran PPKn,,,mudah -an memang kembali ke PPKn bukan PKn yg sebelumnya ! krn dr isi pelajaran Pkn dg PPKn banyak sekali perbedaannya !

  2. Pendidikan di negara ini sudah baik, tetapi pemerintah ingin kalau lebih baik lagi, kami yakin gebrakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan nasional akan mendapatkan hikmah yang besar, hanya kita harus memandang hal ini secara jernih dan menyeluruh. Salahsatu contoh yang dilakukan oleh kementrian pendidikan yang menuai berbagai kritikan adalah UN, yang kami anggap bahwa itu adalah proses untuk mencapai keberhasilan dan setelah pengumuman kelulusan kami adalah salahsatusekolah yang menerima dan syukur atas keputusan ini, walaupun peserta didik kami belum 100%, tapi kami yakin dengan model yang dilakukan menteri saat ini membuat kualitas peserta didik akan meningkat sekaligus guru akan tertantang dengan keprofesionalannya yang selama ini diemban dan gelaran guru ditahun diwaktu kami sekolah akan kembali. Yang orang mandar (salahsatu suku di Polewali Mandar Sulawesi Barat) bilang TONGGURU (guru yang dapat ditoladani)

  3. SEBAIKNYA MATA PELAJARAN TAK PERLU DIKURANGI YANG PERLU DIKURANG ISI DARI SETIAP MATA PELAJARAN TERUTAMA MATA PELAJARAN POKOK TRIMS

  4. Bgitu mudahx gnta gnti kurikulum, mrk tdk mikir anak2 yg skul di pdesaan, jngankn mengoperaskn komptr, mlhatx pun mgkn blm, dan kbnyakn wkt SMA/SMK br mrk mulai tahu bntukx kmptr itu spt apa, eh…malah seenakx pak mentri mau hapus plajrn TIK, yg bnar aja donk..

  5. ada guru yg tambah seneng, karena jam mengajar bertambah, ada guru yg kecewa karena mapelnya hilang………………

  6. yth. muh nuh, anda ‘kan bentar lagi pensiun. siap-siap ya di masa pensiun anda akan dihantui kegagalan anda membawa anak bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dan berkualitas. anda akan menuai kegegabahan dimasa pensiun anda karena memanfaatkan waktu yang sempit sebelum pensiun untuk membuat seolah anda mempunyai penemuan yang hebat saat menjadi menteri padahal akan mengorbankan/merugikan banyak individu.

  7. sebagai pelaku pendidikan ya…kita jalani dulu, sambil berjalan nanti akan ketemu sendiri cara menuju kebaikannya. Kita bebas mengeluarkan pendapat! mari kita berpendapat demi kebaikan pendidikan di negara tercinta ini!

  8. ngurus UN aja gak becus eeee…… mo ganti kurikulum ….. redudansi aja pak menteri! kan tinggal 1,5 th lagi pensiun.

  9. Knapa pmerintah trkesan trburu buru ya untk plaksanaan kur 2013. Trus terang, kta sbgai plaksana lapangan (guru) merasa bgung, “sosialisasi secr gmblang ja blum kmi trima, palagi diklatx … Kok sudah mau dlaksnakan thun ajaran ini???????

  10. ganti menteri ganti kurikulum itu mah sudah biasa dan lumrah di negeri ini. semoga Allah Swt melimpahi kita dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, dan semoga pendidikan di negeri ini semakin berkualitas. Amin ya robbal ‘alamin…

  11. memang perubahan pasti hasil pemikiran dan memiliki tujuan yang lebih baik, tapi saya lebih setuju dengan kurikulum 1994 yang menggunakan nilai ebtanas murni (NEM) dan kelulusan ada dipihak sekolah

  12. yang paling Bagus itu pendidikan yang menjuruskan ke kegemaran/bakat siswa… jangan pendidikan yang dipaksakan.

  13. Setelah saya baca isi kurikulum 2013 menurut saya banyak hal dan tujuan baik di dalamnya. Toh kurikulum sebelumnya menurut saya jg tidak lebih baik, dimana terdapat materi pelajaran yang berlebihan dan membebani siswa (tidak sesuai dengan kemampuan dan kapasitas anak pada usianya). Anak terlalu dituntut ini itu yang pada akhirnya hanya akan menghasilkan manusia penghafal, bukan manusia pemikir. Beberapa constrain yang mungkin dihadapi pada awal penerapan kurikulum 2013 ini salah satunya adalah terbatasnya sdm yang berkualitas, di samping sarana dan prasarana seperti buku pelajaran, dsb. Kualitas sdm tidak hanya terkait latar belakang pendidikan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki, tapi juga terkait hal-hal lainnya seperti kemampuan mendidik -bukan sekedar mengajar- dan juga sikap moral yang baik sebagai teladan bagi para siswa. Hal ini menurut saya yang belum banyak dilakukan oleh kemendikbud. Dapat terlihat dari kasus kepala sekolah yang mengkorupsi dana bos, guru yang mewajibkan siswanya membeli buku atau LKS kemudian dia mendapat fee dari agen penjualnya, dan yang terakhir ter-capture oleh otak saya adalah guru yang menentang kurikulum 2013 diberlakukan karena mata pelajaran yang mereka ajarkan dihapus dari kurikulum, karena mereka takut jadi pengangguran. Para gurupun hanyut dalam arus materialisme dan memikirkan dirinya sendiri saja.

  14. Setelah saya baca isi kurikulum 2013 menurut saya banyak hal dan tujuan baik di dalamnya. Toh kurikulum sebelumnya menurut saya jg tidak lebih baik, dimana terdapat materi pelajaran yang berlebihan dan membebani siswa (tidak sesuai dengan kemampuan dan kapasitas anak pada usianya). Anak terlalu dituntut ini itu yang pada akhirnya hanya akan menghasilkan manusia penghafal, bukan manusia pemikir. Beberapa constrain yang mungkin dihadapi pada awal penerapan kurikulum 2013 ini salah satunya adalah terbatasnya sdm yang berkualitas, di samping sarana dan prasarana seperti buku pelajaran, dsb. Kualitas sdm tidak hanya terkait latar belakang pendidikan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki, tapi juga terkait hal-hal lainnya seperti kemampuan mendidik -bukan sekedar mengajar- dan juga sikap moral yang baik sebagai teladan bagi para siswa. Hal ini menurut saya yang belum banyak dilakukan oleh kemendikbud. Dapat terlihat dari kasus kepala sekolah yang mengkorupsi dana bos, guru yang mewajibkan siswanya membeli buku atau LKS kemudian dia mendapat fee dari agen penjualnya, dan yang terakhir ter-capture oleh otak saya adalah guru yang menentang kurikulum 2013 diberlakukan karena mata pelajaran yang mereka ajarkan dihapus dari kurikulum, karena mereka takut jadi pengangguran. Para guru pun hanyut dalam arus materialisme dan memikirkan dirinya sendiri saja.

  15. sepintas saat disampaikan kurikulum 2013 sangat menyakinkan…saat ditelaah dan direnungkan dirumah, apa beda dengan KTSP? hanya seperti menambah dan mengurangi pelajaran serta jamnya saja…Ya Allah, mau dibawa kami…. saya yang telah ikut membidani kurikulum sekolah dengan model tematik KTSP pertama di Malang Jatim (yang benar2 tematik),ternyata sama persis dengan jejaring tema, silabus,RPP saat masih KTSP…administrasinya gak ada yg berubah! Silahkan cek buku Grasindo…tematik sudah ada namun ‘belum dijalankan’ sepenuhnya untuk SD…untuk SMA? setali 3 uang…pendidikan bukan milik ibu kota, bagaimana dengan guru2nya…PELATIHAN DAN PERSEBARAN GURU YANG BERKOMPETEN DIBIDANGNYA ADALAH JAWABAN YANG TEPAT…PAKAR PENDIDIKAN DAN PROF. JG HANYA DI KOTA2 BESAR SAJA….SEBARKAN MEREKA HINGGA DIBAWAH GUNUNG DAN DITENGAH HUTAN BERSAMA KAMI…

  16. saya berterimakasih untuk semua pihak yg tlh berupaya dalam memperbaiki sistem pendidikan nasional Indonesia terutama dalam hal kurikulumnya.Apapun yg di lakukan adalah sebuah upaya perbaikan kualitas pendidikan anak bangsa.
    kedepan adalah,fungsi monitoring dan evaluasi dapat di jalankan demi melihat kekurangan pelaksanaan kurikulum 2013.Khususnya pemberdayaan SDM dalam sosialisasinya.

  17. ane pikir smua sistem pendidikan di indonesia sudah sgt baek(terlalu bagus malah), kurikulum walaupun beruabah ubah tetap ya baik, skrg tiggal pelaksanaan ya, bagai mana dgn guru dan sara dan prasaran ya di setiap sekolah itu yg perlu di benahi…

    kberhasilan pendidkan 80% ada pada pelaksanaanya (guru, siswa, sarana n prasran)

  18. JARANG terdengar pejabat BARU (?????) yang meneruskan perjuangan pejabat lama (M.NUH)….apakah kurikulum 2013 akan diteruskan oleh Mendikbud baru dimasa (2014)yang akan datang???????

  19. Saya sebagai alumni siswa SMA yang baru lulus,merasakan perbedaan yang terjadi antara tahun saya dan dibawah saya.menurut saya,benar apa yang telah dikatakan diatas,lebih baik,pelajaran seperti yang dulu tapi materinya dikurangkan!bukan pelajarannya yang dipangkas! Kemana TIK?sudah jelas perkembangan teknologi sudah maju,malah dihilangkan! Kami hanya belajar mengenai teknologi hanya dari sekolah! Sudah begitu,mana IPA IPS? IPS itu penting loh,di luar sana,orang lebih mengutamakan IPS karna baik untuk perkembangan ekonomi negaranya. IPA juga,banyak peneliti yang berjaya diluar sana.tidak seperti disini.sebenarnya materi kita keberatan loh! Bandingkan saja materi pelajaran kita dengan negara maju.istilahnya kita sudah sampe B mereka masih di A,padahal di kelas yang sama.karna kita kebanyakan materi yang sebenernya,tidak sepenuhnya digunakan didunia kerja.atau kalau ingin enak,ya contoh lah,negara diluar sana,anak memilih pelajaran yang diinginkannya dan sesuai minat bakatnya.percaya.. Negara kita akan lebih maju dibanding sekarang,karna anak muridnya akan lebih mudah menyerap pelajaran dan ia menikmati masa belajarnya! Bukan diburu burukan belajarnya,sehari hari ia belajar mati matian,tapi ia tidak menikmati atau bahkan tidak mengerti.kalau dibandingkan dari cara belajar,harusnya kita menjadi negara maju dipendidikan,karna kita lebih dulu mempelajari,serta lebih banyak mempelajari.seharusnya..

  20. Smg kurikulum 2013 mampu memperbaiki kualitas pendidikan kita yang katanya masih rendah..
    Positive thingking aja deh sama Bapak Mentri pendidikan kita..

  21. gak ada pelajaran bahasa daerah ??
    nanti d colong malaysia lagi lhoo
    ojjo nesu lhoo ya yen kejadian

  22. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yg belum siap dan tidak bisa diterapkan dlm sistem pendidikan kita. Kesannya terlalu dipaksakan, hanya untuk mengejar proyek trilyunan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here