Universitas Luar Negeri

Siapa yang tak ingin sekolah diluar negeri?. Selain dari segi keilmuan yang akan didapat, tentu sekolah dengan embel-embel luar negeri akan menambah kebanggan tersendiri. Karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama. Saat ini berburu beasiswa semakin mudah dengan banyaknya penyedia beasiswa. Namun setiap penyedia beasiswa juga memberikan syarat yang berbeda-beda. Apa saja lembaga atau yayasan atau organisasi penyedia beasiswa yang sudah terpercaya dan sudah memiliki nama. Inilah daftar penyedia beasiswa sekolah diluar negeri dan cara untuk mendapatkannya.

Youth Exchange and Study Program (YES)

Pertukaran pemuda dan studi atau yang lebih dikenal dengan YES ini merupakan program beasiswa dari Yayasan Bina Antarbudaya, yakni program pendidikan akademik di Amerika selama satu tahun. Program ini diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat dengan kisaran usian 15 hingga 17 tahun. Program ini khusus untuk negara-negara yang memiliki banyak penduduk muslim, salah satunya yaitu di Indonesia. Selama disana siswa akan hidup dengan keluarga angkat. Selain belajar di sekolah, siswa juga akan mendapat kegiatan antaralain latihan kepemimpinan, ketrampilan dan membantu kegiatan di Amerika, dan masih banyak lainnya. Cara untuk mengikuti program beasiswa ini adalah mendaftar kemudian mengikuti tes seleksi.

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara ini juga sering disebut dengan PCMI singkatan dari Purna Caraka Muda Indonesia. PCMI sendiri adalah kelompok alumni yang mewadahi mahasiswa yang telah mengikuti program Pertukaran ini. Program ini diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. Dengan negara-negara tujuan yakni ASEAN, Korea Selatan, Jepang, Kanada dan Australia. Program Pertukaran Pemuda Antar Negara ini telah berlangsung sejak lama yakni sudah sekitar empat puluh tahun. Selain itu seleksi juga dilakukan di banyak provinsi di Indonesia dengan dipilih satu delegasi dari tiap provinsi atau tergantung dengan ketersediaan kuota. Selama di luar Negeri, peserta akan didanai penuh oleh KEMENPORA, dan diberikan uang saku. Untuk mengkuti seleksinya biasanya akan dilakukan sosialisasi program sebelumnya di kampus-kampus di Indonesia.

ASEAN University Network – Asean Credit Transfer Sistem (AUN-ACTS)

Program pertukaran ini bisa dikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Universitas yang tergabung dalam ASEAN University Network. Setiap peserta yang berhasil lolos, berkesempatan untuk memperoleh beasiswa selama satu semester di Universitas yang menjadi tujuannya tersebut. Universitas yang bisa dimasuki berjumlah duapuluh dua, antaralain adalah National University of Singapore, Asia University, Soka University, dll.

Artikel yang terkait dengan sekolah / kuliah di universitas luar negeri:

  1. Tips Kuliah di Luar Negeri | Belajar Study di Luar Negeri untuk Pemula
  2. University Abroad, Tips dan Cara Kuliah di Kampus atau Universitas Luar Negeri
  3. Tips Kuliah di Luar Negeri: Cara Kuliah di Luar Negeri Serta Prosedur dan Mekanismenya
  4. Ragam Program Pertukaran Pelajar Indonesia dan Antar Negara

10 KOMENTAR

  1. saya berminat dengan beasiswa yg pertama,yaitu Youth Exchange and Study Program (YES).tapi sy bingung gmana cara daftarnya,boleh kasih informasi cara mendaftarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR