Foto Visa

Tips Kuliah di Luar Negeri: Cara Kuliah di Luar Negeri Serta Prosedur dan Mekanismenya.

Kebutuhan akan peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan cara sekolah. Bila sekolah diluar negeri dianggap lebih mampu mengakomodir kebutuhan anda akan pendidikan. Maka tak ada salahnya jika sekolah diluar negeri anda jadikan sebuah pilihan. Lalu bagaimana prosedur dan mekanisme untuk sekolah diluar negeri?

Yang pertama adalah kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Sebelum memulai sesuatu atau pergi kesebuah tempat tentu anda ingat sebuah nasehat lama, bahwa anda harus membawa ‘bekal’. Ya, banyak bekal yang bisa anda persiapkan sebelum anda sekolah di luar negeri. Informasi bisa berupa dimana tempat anda akan bersekolah. Ilmu apa yang akan anda ambil atau kalau di Indonesia disebut program studi apa yang akan anda tempuh. Dimana anda akan tinggal. Berapa biaya yang harus anda keluarkan. Anda bisa mulai mencari informasi di sekolah anda sekarang yang mungkin menyediakan kerjasama  dengan sekolah di luar negeri atau bahkan beasiswa, anda juga bisa mulai mencari informasi di internet. Yang juga penting anda siapkan adalah penguasaan bahasa anda, bahasa negara tujuan anda untuk bersekolah.

Setelah menetapkan negara tujuan. Anda harus melakukan pendaftaran ke sekolah yang anda tuju, ataupun kepada penyelenggara beasiswa keluar negeri tersebut. Selanjutnya anda harus menyiapkan diri, untuk mengahadapi serangkaian tes ataupun ujian, yang menentukan apakah anda layak mendapat beasiswa sekolah diluar negeri atau tidak. Ujian disini juga bisa adalah ujian yang memang diselenggarak oleh sekolah tujuan anda sebelum penerimaan murid baru.

Hal yang tidak boleh anda lupakan adalah persiapan dari segi keuangan. Apakah anda sepenuhnya akan dibiayai, atau anda harus menanggung separuhnya, atau bahkan andalah yang harus membayar secara penuh. Jika anda dibiayai, anda harus memeprhitungkan agar dana tersebut cukup untuk digunakan selama hidup di luar negeri. Lalu jika anda tidak memiliki dana yang cukup, anda bisa memulai memikirkan, pekerjaan apa yang bisa anda lakukan disana, untuk membiayai hidup anda.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah melengkapi dokumen yang harus anda punyai selama diluar negeri baik paspor maupun visa, tiket, dll. Apalagi saat anda diluar negeri maka anda harus mengikuti peraturan yang ada di negara tersebut, anda harus selalu bisa menunjukkan identitas anda. Anda bisa mengurus paspor di kantor Imigrasi. Untuk pembuatan visa, uang yang harus anda keluarkan bervariasi, tergantung dari negara mana yang akan anda tuju. Untuk tiket bisa disesuaikan dengan negara dan waktu keberangkatan.

Kemudian setelah dokumen selesai, anda bisa menyiapkan barang apa saja yang akan anda bawa selama di luar negeri. Jangan sampai anda terlewatkan membawa barang penting anda. Karena di luar negeri belum tentu anda bisa mendapatkan barang tersebut dengan mudah, selain itu perbedaan harga di luar negeri juga akan membuat anda berfikir ulang. Namun sebisa mungkin bawa barang yang penting-penting saja, selain akan merepotkan dengan membawa banyak barang tentu ongkos yang harus anda keluarkan akan semakin bertambah.

Singkat cerita seperti ini:

  1. Dana harus ada, dan hitung estimasi biaya kuliah, makan dan tempat tinggal.
  2. Buatlah Paspor (Imigrasi)
  3. Pilih negara yang dituju –> lalu pilih universitas –> program study –> kemudian isi form pendaftaran (Universitas)
  4. Penuhi segalah persyaratan universitas tersebut. (Universitas)
  5. Test ujian universitas tersebut usahakan secara online (Universitas)
  6. Test toefel (Universitas)
  7. Jika diterima atau lolos seleksi, maka;
  8. Ajukan Visa Pelajar (Kedubes negara yang dituju)
  9. Test kesehatan, setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda. (DinKes / lembaga yang ditunjuk Dubes, pastikan bebas H5N1 / meningitis)
  10. Setelah ujian seleksi dan visa diterima, maka;
  11. Carilah informasi seputar perjalanan dan akomodasi
  12. Carilah informasi dimana anda akan tinggal, kontrakan, kontrakan patungan atau di asrama kampus, dll
  13. Beli tiket pesawat dan berangkat.

Semoga bisa membantu kuliah anda, dan kalau mau lebih mudah, carilah agen-agen universitas yang biasanya mengadakan pameran universitas luar negeri, lebih mudah karena segala sesuatu dipersiapkan, namun tentu lebih mahal biayanya karena ada fee yang akan dikenakan. (konsep perusahaannya seperti biro haji, biro wisata luar negeri, dll)

TINGGALKAN KOMENTAR