Kuliah Diluar Negeri

Banyak sekali siswa yang ingin sekali melanjutkan studinya keluar negeri atau sekedar mencicipi pengalaman singkat pada sesi pertukaran pelajar yang di adakan di sekolahnya  untuk di kirim keluar negeri sebagai wali sekolah tersebut, sehingga mereka bisa menikmati pengalaman hidup di negeri orang dan mendapatkan pembelajaran di sana layaknya para siswa di negara tersebut. Bagi siswa yang sudah berpengalaman melancong ke luar negeri atau mungkin sudah pernah pergi keluar negeri, tentu sudah akrab dengan dengan situasi di sana sehingga dia tahu persiapan apa saja yang harus dia lakukan sebelum berangkat.

Namun bagi siswa yang baru pertama kali keluar negeri, tentunya belum mengetahui apapun tentang situasi yang akan dia hadapi kelak di negara tersebut. Apalagi tidak ada orang tua atau orang terdekat lainnya yang bisa di mintai tolong sewaktu-waktu jika dia mendapatkan kesulitan.

Oleh sebab itu, mencari tahu tentang hal apa yang harus di lakukan sebagai persiapan tentulah menjad poin penting dalam upaya untuk mempermudah penyesuaian siswa ketika berada di tempat yang asing baginya.

Persiapan Fisik dan Mentality

Sebenarnya studi keluar negeri sama hal nya dengan pergi nge-kost di suatu tempat yang lain yang jauh dari rumah. Jika siswa tersebut sudah terbiasa hidup di kos, hal tersebut akan memudahkan dia dalam penyesuaiannya di tempat baru tersebut. Sama halnya ketika siswa berada di kos atau di tempat yang jauh dari orang tua maupun kerabatnya. Dia di haruskan untuk menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengurus semua keperluannya sendiri. Hal tersebut juga berlaku sama ketika siswa studi di luar negri. Kemandirian menjadi hal utama yang sangat penting dan harus dia punyai.  Sifat itu akan bisa di dapat jka siswa tersebut sudah siap secara fisik dan mental. Maka dari itu persiapan mental dan fisik menjadi persiapan nomor satu yang harus di upayakan siswa tersebut.

Mencari Informasi yang Cukup

Sebelum berangkat hendaknya siswa tersebut mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara yang akan dia tinggali sebagai tempatnya menuntut ilmu. Beberapa peraturan dan kebiasaan yang tentunya akan sangat berbeda dengan peraturan dan kebiasaan di Indonesia bukanlah halangan bagi siswa yang sudah meniatkan diri untuk studi di luar negeri.

Mencari informasi sebanyak-banyaknya ini penting agar siswa tahu kondisi dan situasi daerah yang akan menjadi tempat tinggalnya untuk sementara waktu. Jangan sampai terkaget-kaget, bahkan shock ketika menemui sesuatu yang janggal karena tentunya akan ada perbedaan budaya yang sangat kontras antara Indonesia dan negara tersebut.

Dengan wawasan yang luas siswa juga akan siap menghadapi situasi terburuk sekalipun. Jangan berharap orang-orang akan bersikap layaknya teman-temannya atau orang yang dia kenal sebelumnya di Indonesia. Dan jangan marah untuk sesuatu hal yang dianggap prinsip yang tidak boleh di langgar di Indonesia, tetapi di sana dilakukan oleh semua orang. Informasi tersebut penting agar siswa mudah dalam menyesuaikan diri serta bisa di terima baik oleh lingkungan sekitarnya.

Ketika siswa belajar di luar negeri tanpa pengetahuan dan informasi yang memadai tentunya dia akan mengalami “culture shock” karena perbedaan yang sangat signifikan antara kebudayaan negara asal dengan negara tinggalnya sekarang, dan hal tersebut sangat tidak baik untuk perkembangan psikologisnya.

Jangan lupa untuk mencatat alamat Duta Besar Indonesia dan alamat- alamat penting lainnya yang bisa di hubungi untuk mengantisipasi ketika siswa tersebut mengalami kesulitan dalam masa adaptasinya di negara itu atau bahkan mengalami masalah karena faktor kesalahpahaman.

Bahasa Inggris yang Memadai

Hal penting lainnya yang harus persiapkan oleh siswa ketika hendak belajar di luar negri adalah kemampuan berbahasa inggris. Tidak masalah siswa tersebut berada di negara yang bahasa utamanya bukan bahasa inggris. Namun biasanya banyak yang mengerti ketika siswa menggunakan bahasa inggris di karenakan bahasa inggris adalah bahasa internasional sehingga banyak orang yang tahu dan memperlajarinya.

Informasi yang terkait dengan tips dan cara sekolah di luar negeri:

  1. University Abroad, Tips dan Cara Kuliah di Kampus atau Universitas Luar Negeri.
  2. Tips Kuliah di Luar Negeri: Cara Kuliah di Luar Negeri Serta Prosedur dan Mekanismenya.

Semoga bermanfaat bagi anda semua yang hendak melanjutkan studi di luar negeri.

2 KOMENTAR

  1. betul tuh, harus sudah siap banget kemampuan berbahasa Inggrisnya. kayaknya itu sudah standar minimum yang harus dipenuhi sebelum kuliah di luar negeri deh

TINGGALKAN KOMENTAR